Syurga di Kaki gunung palung - SUNGAI RANTAU PANJANG




Gunung palung adalah taman nasional yang memiliki luas lebih dari 95 ribu hektar, ada beberapa wilayah yang ikut andil dalam wilayah konservasi ini. Salah satu wilayah yang berhubungan dengan taman Nasional Gunung palung ( TNGP ) ini adalah desa Rantau Panjang. 
Desa Rantau panjang dengan sungainya yang membelah dari hilir menuju ke hulu dengan jarak puluhan kilo meter yang berakhir pada kawasan TNGP ini menyajikan berbagai macam potensi wisata yang dapat di suguhkan kepada para wisatawan.

Jika lewat sungai ada dua jalur yang bisa kita tempuh, yang pertama melewati jalur sungai rantau panjang yang besar,kemudian yang kedua melewati jalur sungai perkampungan warga. 

Jika kita lewat sungai besar maka jarak yang di tempuh sangatlah jauh, namun kita akan bisa menikmati berbagai keindahan alam dan juga satwa serta lainnya yang tidak dapat kita jumpai melewati parit kecil perkampungan. 

Namun jika melewati perkampungan, keuntungannya adalah dapat memtong waktu perjalanan yang panjang, namun satwa air seperti Buaya dan beberapa yang lain tidak bisa kita jumpai lewat jalur kampung ini. Akan tetapi jika sudah sampai di atas kita juga akan dapat menikmati beberabagi satwa di alam liar. 

Kalai ini kita akan coba lewati trck yang singkat yakni lewat kampung parit timur Desa Rantau Panjang dengan menggunakan sampan. 

Hanya butuh waktu dua jam kita sudah sampai di kaki gunung palung, yakni daerah mungguk purang , kemudian naik lagi kita  akan berjumpa dengan Bagan pasir, lalu lubuk kuali , munguk budiman, sungai belaban, cabang air putih cabang air merah dan banyak lagi nama nama tempat lainnya di areal kaki gunung palung ini. 

Ketika sampai areal ini kita sudah dapat melukan berbagai aktivitas wisata alam seperti Tracking, camping, pengamatan satwa liar seperti burung, kera , jika beruntung kita akan berjumpa orang hutan, memancing ikan ikan besar dan lain sebagainya. 

Untuk lebih jelasnya bisa menyaksikan bagaimana perjalanan di tempat ini pada video yang sudah kami sajikan, terima kasih .

Posting Komentar

0 Komentar