Selayang Pandang Tentang Wisata di Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat


 Tugu Durian Sukadana dari atas

Kabupaten kayong utara adalah salah satu kabupaten termuda di provinsi kalimantan barat. Kabupaten ini merupakan kabupaten pemekaran dari kabupaten ketapang yang di tetapkan berdasarkan undang undang nomor 6 tahun 2007 tentang pembentukan kabupaten kayong utara di provinsi kalimantan barat, dan menetapkan pula Sukadana sebagai ibu kota kabupaten. 



Untuk mendukung mobilitas masyarakat, pemerintah daerah Kayong Utara pada saat ini terus berupaya melengkapi sarana tranportasi, baik darat, sungai dan laut, baik dalam melakukan kegiatan ekonomi maupun kegiatan lainnya sehari sehari di dalam ataupun luar wilayah. Hal ini sesuai dengan kondisi geografis wilayah yang di kelilingi sungai dan laut. 

Sektor perhotelan adalah salah satu uaha penunjang sektor pariwisata di Kayong Utara, apalagi kayong utara memiliki tempat tujuan wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun manca negara. 


Sekotor usaha akomodasi ini di gunakan masyarakat utamanya untuk kepentingan berbisnis, pertemuan, pelatihan dan lain sebagainya. Pada tahun 2010 di Kayong Utara terdapat beberapa usaha akomodasi seperti Hotel Mahkota kayong sebagai satu satunya hotel berbintang, kemudian Hotel Lubuk Baji, Hotel Anugrah dan lain lainnya. 
 
Potensi pariwisata kayong utara memilii prospek yang tinggi terutama pengembangan potensi wisata alam dan wisata budaya serta tak kalah menariknya wisata bahari. Beberapa objek wisata budaya dan sejarah yang cukup potensial di Kayong Utara adalah kebudayaan masyarakat pesisir pantai kampung nelayan dan tradisi adat istiadat masyarakat kampung bali yang masih orisinil. Sedangkan aspek wisata alam potensial di kayong utara adalah Taman nasional gunung palung dan Taman laut di kepulauan karimata. 


Posting Komentar

0 Komentar