Trip ke Taman Nasional Gunung Palung Lubuk Baji


Objek Wisata yang menarik dan sudah menduian salah satunya di Kabupaten kayong utara adalah Taman nasional gunung palung (tngp ) dengan luas + 90.000 Ha. Secara administratif wilayah taman nasional gunung palung ini terletak di tiga kecamatan yakni kecamatan Sukadana dan simpang hilir kabupaten kayong utara dan di kecamatan sungai laur kabupaten ketapang. 


Kawasan TNG ini merupakan kawasan pelestarian terpenting di indonesia maupun dunia, karena sangat kaya akan keaneka ragaman hayati baik jenis flora maupun fauna. TNGP memiliki jenis vegetasi terlengkap di dunia mulai dari hutan pantai, Hutan manggrove, Hutan rawa gambut, hutan dataran rendah hingga hutan dataran rendah pegunungan. 
 Pada masing masing ekosistem tersebut banyak di huni oleh beraneka ragam jenis satwa liar, diantaranya adalah golongan primata seperti orang utan, kelampiau, bekantan, kelasi, serta kera ekor panjang. 
 Jenis satwa lain juga dapat kita jumpai seperti, Kukang, kelelawar, kalong, tupai besar, bajing, beruang madu, kijang dan kancil serta satwa satwa liar lainnya . 
 Sedangkan jenis flora yang dapat di jumpai di TNGP juga sangat beraneka ragam mulai dari tanaman keras berkayu, belukar, tanaman Bambu, berbagai jenis Anggrek, hingga tanaman hias. Sebagai hutan hujan Tropis.  




Posting Komentar

0 Komentar