Jelajah Wisata Pulau Pelapis Karimata Kalimantan Barat




Objek wisata  tak kalah eksotis lainnya di Kabupaten Kayong Utara adalah Suaka alam laut dan kepulauan di karimata. kali ini kita akan menjelajahi di bagian Pulau pelapis serta kekayaan wisata alam yang ada sana. 

Kepulauan Pelapis adalah salah satu cagar alam laut yang di miliki di indonesia. Ekosistem yang berkembang di sini yaitu ekosistem Hutan Mngrove, hutan pantai, Hutan Tropis, dan terumbu karang laut. 


Variasi ekosistem yang ada di di pulau ini memungkinkan  adanya keaneka ragaman flora dan fauna yang unik. Potensi wisata di kepulauan ini sangat menarik karena memiliki bentang lahan mulai dari pantai, bentang dataran rendah hingga dataran tinggi. 



Pantai di pelapis memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari berpasir putih yang panjang, berkarang, dan berbatu. Dikala musim Utara dan selatan di pantai pelapis berpotensi untuk di jadikan oleh raga selancar air, karena di pantai tersebut dapat menghasilkan ombak yang besar shingga mudah untuk melakukan olahraga selancar air. 


Penduduk kecamatan kepulauan tersebar di tiga Pulau besar yaitu, Pulau pelapis, Pulau Karimata Dan pulau serutu, pusat Kecamatannya di tetapkan di pulau pelapis. Sebagian besar dari penduduk tersebut adalah nelayan dan sebagian kecil sebagai petani juga berdagang dan Pegawai. 

Di pulau ini terdapat tapak kaki manusia yang di yakini sebagai tapak kaki manusia purba berukuran raksasa yang terletak di atas batu di atas Bukit Di pulau pelapis. Tapak kaki ini di yakini adalah nenek moyang yang berasal dari indochina atau india masa lalu. 


Di bawah batu yang terdapat tapak kaki raksasa ini terdapat sejenis cekungan semacam goa yang di dalamnya juga terdapat peninggalan dan jejak hunian dari Nenek moyang pada masa sebelum kemerdekaan. 


Ada beberapa Kegiatan wisata yang dapat dinikmati di pulau pelapis, salah satunya adalah, Wisata Memancing : untuk para wisatawan yang ingin atau hoby memancing, lokasi di sini sangat tepat dan menjanjikan dengan berbagai jenis ikan karang maupun laut yang sangat banyak jumlahnya. 


Sebagian besar penduduk di Pelapis selain menangkap Ikan pada malam hari, di bagan laut atau biasa mereka sebut dengan kelong, pada siang harinya mereka juga melakukan aktivitas memancing, bahkan ada beberapa penduduk yang menjadikan mata pencaharian utama.  


Dengan memakai sampan kecil atau yg biasa mereka sebut dengan kato, mereka melakukan aktivitas memancing dengan cara menjelajahi pesisir, yg meraka sebut dengan Nunde, ataupun dengan cara Menunggu di satu tempat. Wisata lain di pulau pelapis ini adalah wisata Diving atau menyelam, di mana para wisatawan dapat  menikmati indahnya biota alam laut beserta terumbu karangnya. 




Berwisata di pelapis akan sangat berkesan, sepanjang perjalanan ketika pergi maupun pulang kita masih di manjakan dengan indahnya gugusan gugusan pulau yang terhampar di sepanjang perairan kayong utara dengan perpaduan birunya air  laut yang menambah suasana tersendiri.

Posting Komentar

0 Komentar