Agro wisata Sedahan Jaya



Perjalana kali ini kita akan menuju sebuah desa wisata yang ada di Kayong Utara, dimana desa ini selain kaya dengan sumber daya alamnya, namun juga unik dengan kearifan lokal serta budaya yang sangat beragam, desa ini bernama sedahan jaya yang juga terletak di kecamatan sukadana.
Dari pusat kota menuju ke lokasi ini hanya berjarak kurang lebih 5 Kilo meter saja. Pertama tama kami akan menuju spot wisata baru di desa ini.

Agrowisata adalah salah satu lokasi wisata baru yang di bangun pada tahun 2018 yang lalu, dan saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Di lokasi wisata ini , kita akan dapat menikmati beberapa perminan serta hiburan dan pemandangan alam yang bagus.
 
Di tempat yang sejuk dan masih alami ini, banyak sekali pohon pohon besar dan rindang, serta suara burung di alam liar yang menambah suasana indah tersendiri.

Perjalanan berikutnya di desa sedahan jaya kita akan menuju dam begasing, dimana dam begasing ini berfungsi sebagai bendungan guna untuk irigasi masyarakat yang bercocok tanam.
Jika kita menuju ke arah selatan dari dam begasing, maka kita akan berjumpa dengan wisata air terjun lubuk baji, di sana juga di sediakan camp untuk menginap, dan jika beruntung kita akan menjumpai orang hutan serta satwa langka yang lainnya.

 Di sepanjang perjalanan kita akan di manjakan dengan berbagai pemandangan, salah satunya adalah aktivitas masyarakat petani yang sedang mengurus ladang mereka.
 
Perjalan terakhir di desa sedahan jaya, kami menyempatkan diri untuk mengunjungi kampung bali, di sebut kampung bali karena di kompleks ini di tempati oleh masyarakat bali. Dan uniknya mereka masih memegang teguh adat serta tradisi mereka secara turun temurun hingga kini.

Masyarakat bali yang hidup disini hidup rukun saling berdampingan dengan masyarakat setempat, mereka saling mengisi dan saling menghargai.

Wajar saja  julukan Bali kecil di pulau borneo di sematkan untuk desa sedahan jaya. Dengan berwisata ke sini kita dapat menikmati  beberapa objek wisata sekaligus, maka wajar apabila desa sedahan jaya menjadi salah satu desa tujuan wisata, yang wajib di kunjungi di kalimantan barat.

Posting Komentar

0 Komentar